Instrumen Akreditasi SMP/MTs

No Comments
Kali ini Blog Palu berbagi instrumen akreditasi SMP yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam pengusulan bahkan menjadi evaluasi dalam upaya mencapai akreditasi sekolah.

Bagi anda personil yang bertugas di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sedang mencari instrumen akreditasi SMP, anda bisa memperolehnya di akhir postingan ini dalam bentuk link download. 

Link download Instrumen akreditasi pada halaman ini sebenarnya bukan hanya menyediakan instrumen akreditasi SMP /Madrasah saja, tapi juga instrumen untuk jenjang lain seperti MTs, SMA/SMK dan SD/MI.

OK, kembali ke topik, instrumen akreditasi SMP ini merupakan salah satu dari perangkat Akreditasi SMP/MTs yang terdiri atas:
  1. Instrumen Akreditasi SMP/MTs.
  2. Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi SMP/MTs.
  3. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi SMP/MTs, dan
  4. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SMP/MTs.
Instrumen Akreditasi SMP_2
Pengisian instrumen akreditasi SMP/MTs dengan cara memberi tanda ceklist pada kotak opsi jawaban yang sesuai yaitu “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan:
  1. Komponen standar isi nomor 1 — 18.
  2. Komponen standar proses nomor 19 — 29.
  3. Komponen standar kompetensi lulusan nomor 30 — 49.
  4. Komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 50 — 75.
  5. Komponen standar sarana dan prasarana nomor 76 — 103.
  6. Komponen standar pengelolaan nomor 104 — 123.
  7. Komponen standar pembiayaan nomor 124 — 148.
  8. Komponen standar penilaian nomor 149 — 169.
Meskipun file Instrumen Akreditasi SMP / MTs ini masih dalam format PDF, namun hal tersebut bukanlah menjadi kendala. Anda dapat mengkonversi filenya secara online. Baca cara konversi PDF ke Word Online di: KONVERSI PDF KE WORD ONLINE AKURAT? COBA YANG SATU INI. Mudah-mudahan link tersebut dapat bermanfaat karena banyak yang menginginkan instrumen ini dalam bentuk file yang dapat di edit.

OK, langsung saja, jika Anda ingin mendownload Instrumen Akreditasi SMP / MTs ini, Anda dapat mendapatkannya dengan mendownloadnya pada link di bawah ini:


back to top