Format Penilaian Sikap Peserta Didik

No Comments
Kali ini Blog Palu membahas tentang Format Penilaian Sikap Peserta Didik yang biasa digunakan guru dalam penilaian di sekolah.

Format Penilaian Sikap Peserta Didik ini bukan hanya digunakan di kurikulum 2013, namun sebelumnya sudah digunakan dikurikulum pendahulunya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Format Penilaian Sikap Peserta Didik dibuat berdasarkan kebutuhan sekolah. Dalam hal ini, sekolah terlebih dahulu menentukan sikap apa saja yang ingin dikembangkan oleh sekolah setiap satuan baik itu per semester atau per tahun.

Format Penilaian Sikap Peserta Didik biasanya dibuat per siswa untuk mengamati perkembangan sikap peserta didik secara detail. Namun, Format Penilaian Sikap Peserta Didik yang akan dibagikan dalam postingan ini dibuat secara kolektif, artinya penilaian sikap peserta didik dibuat tiap kelas. 

Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 sampai dengan 5, dengan rincian sebagai berikut:

  • 1 = sangat kurang; 
  • 2 = kurang;
  • 3 = cukup;
  • 4 = baik; dan
  • 5 = amat baik.
Format Penilaian Sikap Peserta Didik yang dibagikan disini masih berupa rancangan. Format ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya. Pengguna dalam hal ini guru dapat membuat atau memodifikasi Format Penilaian Sikap ini sesuai dengan cara mereka memahami/menilai.

Berikut link download Format Penilaian Sikap Peserta Didik yang dimaksud:


back to top