Lembar Observasi Aktivitas Siswa

No Comments
Lembar observasi aktivitas siswa berikut ini merupakan lembar observasi hasil modifikasi sesuai kebutuhan guru. Lembar observasi aktivitas siswa ini juga dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar.

Lembar observasi aktivitas siswa ini memang diperuntukkan bagi guru yang sedang melakukan observasi aktivitas siswanya atau yang sedang melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Lembar observasi aktivitas siswa dapat membantu guru yang sedang melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lembar ini juga dapat digandengkan dengan Lembar Pengamatan Kegiatan Guru untuk memperkuat hasil PTK.

Lembar observasi aktivitas siswa

Manfaat Lembar observasi aktivitas siswa


Salah satu manfaat Lembar observasi aktivitas siswa ini adalah untuk mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh dari observasi tersebut akan digunakan oleh guru untuk melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran berikutnya.

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, seorang guru umumnya menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan oleh siswa ketika melaksanakan pembelajaran. Hasil observasi dapat Ia gunakan untuk sebagai data mengapa atau apa penyebab kurangnya hasil atau prestasi belajar siswa.

Hasil observasi juga dapat digunakan oleh guru untuk menentukan metode apa yang tepat untuk digunakan pada suatu kelompok siswa yang memiliki kecenderungan aktivitas tertentu terhadap sebuah topik yang diajarkan. Sehingga guru akhirnya memiliki kumpulan diagnosis masalah sekaligus rencana yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Tidak hanya bermanfaat bagi guru, lembar observasi aktivitas siswa juga dapat bermafaat bagi peneliti atau mahasiswa yang sedang melakukan penelitian terkait dengan kondisi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Singkatnya, lembar observasi ini sangat dibutuhkan bagi mereka yang bersinggungann dengan proses pembbelajaran di kelas.

File Lembar observasi aktivitas siswa ini dilampirkan dalam format .doc file (Ms. Office 97 - 2013) dengan ukuran sekitar 49 kb. File tersebut sengaja dibuat dalam format doc agar dapat diedit menggunakan Ms. Office versi lama maupun versi terbaru.

Jika anda tertarik untuk mendownload Lembar observasi aktivitas siswa tersebut, silahkan klik link di bawah ini:


back to top