Membuat fungsi terbilang di Excel

2 comments
Membuat fungsi terbilang di excel memang gampang-gampang susah. Fungsi terbilang tidak dapat langsung dibuat menggunakan formula Excel seperti biasa, karena fungsi tersebut tidak disediakan oleh Excel secara default.

Jika kita mempuanyai kemampuan dalam visual basic atau macro di Ms. Excel, tentu membuat fungsi terbilang tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana kalo kita peran kita hanya sebagai pengguna dan bukan sebagai pengembang?

Tenang, kita dapat memanfaatkan Add-Ins yang dibuat khusus agar penggunanya dapat dengan mudah membuat fungsi terbilang di excel. Setelah menginstal Add-Ins tersebut, kita dapat membuat fungsi terbilang dengan cukup mengetikkan fungsi berikut:

=terbilang(sel_yang_akan_dikonversi)
Sebagi contoh:

=terbilang(C2)
Jika kita tekan enter, maka fungsi terbilang akan menunjukkan hasil sebagai berikut:


Sekali lagi, kita tidak dapat langsung memanfaatkan fungsi terbilang seperti pada contoh diatas sebelum menginstal Add-Ins yang telah disebutkan tadi. Jika anda ingin membuat fungsi terbilang di Excel, silahkan download dahulu Add-Ins nya disini.

Cara menginstal dan menggunakannya sudah terlampir dalam satu file zip, silahkan diekstrak dulu sebelum digunakan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments

Ternyata berhasil, add ins nya juga bisa diinstal di office 2010 gan. Thanks sudah mau berbagi.

pekerjaan jadi lebih mudah sekarang
dengan adanya terbilang. terima kasih ya

back to top